About

Selasa, 19 Februari 2013

Macam - macam Sistem Operasi Komputer



                              1. DOS adalah (merupakan) sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an.Merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus. Masih banyak fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang, terutama dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer. Walaupun bisa juga dilakukan pada sistem operasi berbasis GUI.
 
 Berikut ini fungsi-fungsi DOS.
• Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer
• Mengatur memori
• Mengatur proses input dan output data
• Management file
• Management directory
Kekurangan Ms DOS 
History :
Dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat computer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP), yang dikepalai oleh Tim Patterson, yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak system operasi dengan nama Q-DOS (Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS didesain agardapat berjalan pada computer dengan processor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinys dengan harga 50.000 dolar Amerika dari SCP. Selanjutnya , saat IBM hendak meluncurkan computer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

Karakteristik :
System operasi DOS dijalankan oleh perintah – perintah yang bisa dibaca oleh DOS.
Terdapat 2 jenis perintah:
• Perintah internal (internal command), yakni perintah – perintah yang telah dimasukkan ke dalam COMMAND.COM (interpreter perintah DOS), sehingga dapat langsung dieksekusi oleh kernel DOS , dimana saja
• Perintah eksternal (external command), yakni perintah2 yang tidak dimasukkan ke dalam COMMAND.COM, dan membutuhkan sebuah berkas yang dapat dieksekusi (berupa program DOS) yang harus terdapat dalam Direktori aktif. 

Kelebihan : 
  • DOS menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut)

  • Pengoperasiannya mudah.
  • Space (ruang yang bebas dalam hardisk) yang dibutuhkan DOS tidak terlelu besar.
  • Tidak memerlukan memori yang besar/.
  • Kompatibel pada hamper semua jenis software dan hardware.
Kekurangan : 
  • Mode operasinya dalam teks.
  • Tidak kompatibel pada beberapa program yang beroperasi dalam mode grafis.
  • DOS ngga GUI jadi otomatis lebih ribet, karena pakai Command Line Interface 
  • Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS, sebagai buktinya, kalo agan jalanin program DOS tanpa lewat CMD, langsung ditutup sama Windowsnya


 2. Microssoft Windows OS
Sistem Operasi Windows Windows adalah sebuah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (GraphicalUser Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis. Os ini sudah banyak sekali digunakan oleh user sejak lama. Windows pertama kali masih dalam jenis Ms-Dos (Microsoft Disk OperatingSystem) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Dan Windows 1.0 berkembang hingga yang terbarusejarang ini, yaitu windows 8.

History :
Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).
Sistem operasi windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.
Pada tahun 2001 Microsoft memperkenalkan Windows XP.

Kelebihan Windows :

  • User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
  • Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
  • Banyak software berbasis Windows
  • Dukungan driver yang lebih banyak
  • Banyak orang pakai Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya. Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja.
  • Karena systemnya sudah dishare untuk bisa dikembangkan (bukan di open lho), maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Terutama dunia usaha yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
  • Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows.
  • Kalau ada masalah mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari ahlinya juga tidak sulit disekitar kita. 
  • Kelebihan yang lain... duitnya banyak. Kalau duitnya banyak mau apa saja lebih unggul dari lainnya. 

 Kekurangan Windows :
  • Harga licensi mahal 
  • Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
  • Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
  • Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
  • Sistem yang kurang stabil  
    3. Unix OS 
    Unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. Pada tahun 1960, Massachusetts Institute of Technology, AT&T Bell Labs, and General Electric bekerja dalam sebuah sistem operasi eksprimental yang disebut Multics (Multiplexed Information and Computing Service).



Kelebihan :
  •          Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client     pengembangan Java.
  •         Stabilitas yang terkenal dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT.
  •          Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis.
Kekurangan :
  •           Perintah pengoperasian yang relatif panjang.
  •           Harga sistem operasi komersial yang mahal.
  •           Sistem Unix komersial mulai terdesak oleh kecepatan inovasi Linux.
  •           Penawaran sistem operasi Unix versi “hampir” gratis tak sebaik sistem operasi Unix   komersial.
  •            Driver hardware yang kurang menyenangkan pada versi “hampir” gratisnya.
  •            Sedikit software untuk perkantoran.

 4. LINUX OS 
Sistem Operasi Linux Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX). Sistem operasi ini juga terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yangditurunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux,seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, RedHat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.
History :
Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, LINUS TORVALDS, di Universitas Helsinki, Finlandia yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi, suatu penamaan yang biasa digunakan untuk mengacu ke pada suatu kumpulan lengkap software, yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap.Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix. Minix adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991.
Kemudian pada bulan Oktober 1991 tanggal 5, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalanka n bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Sekarang Linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan (networking), pengembangan software, dan bahkan untuk sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan OS komersial, dengan kemampuan Linux yang setara bahkan lebih.

Karakteristik :
Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.
 

KELEBIHAN LINUX

1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
2. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
3. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.

KEKURANGAN LINUX

1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.

2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau linuxhardware.org.
3. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.


5. Mac OS (Macintosh Operating System)
a) Mac OS Klasik
Tidak memiliki sembarang Command Line (Baris perintah), menggunakan User Interface (UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking.
Kelebihan Mac OS :
-         Stabil, karena menggunakan UNIX.
-        Multitasking.
-        Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk desain grafik atau multimedia.
-        Aman dari Malware.
b) Mac OS X
MAC OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, One Step, dan MAC OS X memiliki memori ala-Unix dan Pre-Emptive Multitasking yang dikelola dan dipasarkan oleh Apple Inc
MAC OS X adalah garis komputer Sistem Operasi yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Apple Inc yang dibangun di atas XNU kernel dengan fasilitas standar Unix tersedia dari antarmuka baris perintah, MAC OS X adalah penerus dari MAC OS (Klasik).
Beberapa fitur :
- iTunes adalah perangkat lunak yang menyelaraskan isi dari iPod, iPhone dan Apple TV.
- Dock + Finder yang menyediakan cepat dan satu klik akses ke aplikasi yang sering digunakan, folder dan file.
-Paparan langsung memandang semua jendela yang terbuka dalam gaya yang menakjubkan dengan keystroke tunggal.
-Safari ada dalam web browser yang dibangun dari OS ini.
-Spotlight adalah fitur pencarian yang dapat digunakan untuk pencarian file, email, kontak, gambar, acara kalender, dan aplikasi.
-Photo Booth untuk mengambil foto menyenangkan dan snapshot dari klip video.
Kelebihan Mac OS X :
-Koleksi game yang tersedia sangat banyak dengan kualitas hampir mendekati konsol game yang sesungguhnya serta ditunjang kualitas grafis yang diatas standar level.
-Sistem operasi stabil dan mudah digunakan bagi orang awam sekalipun.
-Browser Safari yang dimiliki sistem operasi ini juga merupakan yang terbaik sekarang. responsif dan intuitif, browser web terbaik saat ini.
-Pemutar musik sangat bagus dari segi antarmuka maupun kualitas suara.
-Adanya toko aplikasi online App Store yang menyediakan ribuan aplikasi dan game yang siap didownlod secara langsung.
Kekurangan Mac OS X :
-          Tidak multitasking.
-          Sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi.
-          Proses sertifikasi untuk aplikasi baru sangat ketat.
-          Aplikasi dan game hanya bisa didownload dari App Store.
-          Bluetooth tidak bisa untuk proses pengiriman file.
-          Entry teks kurang nyaman.
-          Sehingga dapat dibilang sistem operasi ini terlalu protect dalam hal penyediaan aplikasinya dan hanya berpedoman dengan satu penyedia aplikasi.


 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review